A. Pengertian Gaya Kognitif
Gaya Kognitif dalam Messick dan Keefe 1987 disebutkan bahwa merupakan kecendrungan seseorang yang relative tetap dalam menerima, memfikirkan dan memecahkan masalah. Serta mengingat informasi.. batasan yang dibuat oleh Messick disini sama dengan apa yang diungkapkan oleh Zelniker (1990) bahwa gaya kognitif adalah kecendrungan perseorangan yang relative tetap dalam pemrosesan informasi untuk memecahkan masalah. Sementara waber (1990) bahwa gaya kognitif adalah kecendrungan pendekatan pemecahan masalah yang menjadi cirri prilaku seseorang dalam menghadapi berbagai situasi dan isi domain.
Winkel lebih menggunakan definisi yang lebih aplikati yakni gaya kognitif adalah cara khas yang digunakan seseorang dalam mengamati dan beraktifitas mental di bidang kognitif. Cara khas ini lebih bersifat individual yang kerap kali tidak disadari dan terbentuk cendrung bertahan terus. Ini menandakan bahwa gaya kognitif tidak dapat dimanipulasi, artinya seseorang yang memiliki gaya kognitif tertentu sangat sulit dirubah menjadi gaya kognitif yang lain.
Coop (1974:251) insilah gaya kognitif lebih kepada kekonsistenan pempolaan (patterning) yang ditampilakn sesorang di dalam merespons berbagai situasi. Juga mengacu kepada pendekatan intelektual dan atau strategi dalam menyelesaikan masalah. Sedangkan menurut kogan (ardana 2000) gaya kognitif dapat didefinisikan sebagai variasi individu dalam cara memandang, mengingta da berfikir atau cara tersendiri dalam hal memahami , menyimpan , mentransformasi, dan menggunakan informasi. Beberapa gaya kognitif yang diidentifikasi oleh siegel& coop yaitu : (1) mengutamakan perhatian global versus perhatian detail (bagian), (2) membedakan suatu stimulus ke dalamkategori yang lebih besar versus kategori bagian-bagian kecil yang banyak (3) kecendrungan mengklarifikasi item berdasarkan karakteristik yang tampak seperti kesamaan fungsi, waktu atau ruang, versus memilih kesamaan dari beberapa attribute abstrak. (4) cepat, implsive versus lambat, tingkah laku pemecahan masalah yang serius/sungguh-sungguh (5) intiutif, induktif versus kognitif logic, kognitif deductif.
B. Perbedaan Gaya Kognitif.
1. Perbedaan Gaya Kognitif Secara Psikologis.
Gaya Kognitif yang dibedakan berdasarkan psoikologi meliputi gaya kognitif Field Independent dan gaya kognitif Field Dependent. Witkin dalam Elkind & Weiner menyatakan bahwa : orang yang memiliki gaya kognititf Field Independent merespon suatu tugas cendrung berpatokan pada syarat-syarat yang ada di dalam diri sendiri. Sedangkan orang yang dengan gaya kognititf Field dependent melihat syarat lingkungan sebagai petunjuk di dalam merespons suatu stimulus. Selanjutnya orang yang memiliki gaya kognitif Field Independent lebih bersifat kritis, mereka dapat memilih stimulus berdasarkan situasi, sehingga presepsinya hanya sebagian kecil ketika ada perubahan situasi. Sedangkan gaya kognitif field Dependent Mengalami Kesulitan dalam membedakan stimulus melalui situasi yang dimiliki sehingga presepsinya mudah dipengaruhi oleh manipulasi dari situasi di sekelilingnya. Witkin More & Goodenburg Mengatakan Bahwa :” orang yang Memiliki gaya FI lebih suka memisahkan bagian-bagian dari pola dan Menganalisis pola berdasarkan komponen-komponennya. Sedangkan yang memiliki gaya FD cendrung memandang pola sebagai suatu keseluruhan. Tidak memisahkan ke dalam bagian-bagiannya.
Dari penjelasan Di atas orang dengan gaya kognititf FI mempunyai kecendrungan di dalam merespon Stimulus dengan menggunakan presepsi yang dimilikinya sendiri, lebih analitis, dan menganalisis pola berdasarkan komponen-komponennya. Sedangkan Orang yang Memiliki Gay Kognitif FD Mempunyai kecendrungan dalam merespon suatu stimulus menggunakan syarat lingkungan sebagai dasar presepsinya , dan kecendrungan memandang suatu pola sebagai suatu keseluruhan . tidak memisahkan bagian-bagiaanya.
2. Perbedaan Gaya Kognitif Secara Konseptual Tempo.
Perbedaan Gaya kognitif berdasarkan konseptual tempo yaitu perbedaan gaya kognitif berdasarkan waktu yang digunakan untuk merespons suatu stimulus. Gay kognitif dalam klasifikasi ini dibagi menjadi dua kelompok. Yaitu Gaya kognitif Impulsif dan gaya kognitif Reflektif. Kogan (1970) dalam Thomas (1990:610) menyebutkan bahwa :” orang yang memiliki gaya kognitif impulsive menggunakan alternative-alternatif secara singkat dan cepat untuk menyeleksi sesuatu. Mereka menggunakan waktu dengan sangat cepat dalam merespons, tetapi cendrung membuat kesalahan sebab mereka tidak memanfaatkan semua alternative, sedangkan orang yang memiliki gaya kognitif reflektif sangat berhati-hati di dalam merespons sesuatu, dia mempertimbangkan secara matang-matang dan memanfaatkan semua alternative. Waktu yang dibutuhkan relative lama tetapi kesalahn relative kecil.
Dari pendapat di atas perbedaan gaya kognitif impulsive dan refleksif terletak pada kecendrungan untuk merefleksi atau memfikirkan alternative pemecahan suatu masalah, atau kecendrungan untuk mengambil keputusan yang impulsive dalam menghadapi masalah-masalah yang sangat tidak pasti jawabannya.
C. Implikasi Gaya kognitif Secara Psikologis di dalam Pembelajaran.
Implikasi gaya kognitif berdasarkan perbedaan Psikologi pada pemebalajran adalah sebagimana berikut : Siswa yang memeiliki agaya kognitif FI , cendrung memilih belajar individual, memungkinkan merespons lebih baik, dan lebih Independent. Siswa dengan gaya kognitif FI lebih memungkinkan mencapai tujuan dengan motivasi Interinsik, dan cendrung bekerja untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.. dan Siswa yang memiliki gaya pembelajaran FD Cendrung memilih belajar dalam kelompok dan sesering mungkin melakukan interaksi dengan guru, memerlukan ganjaran atau penguatan yang bersifat eksterinsik. Untuk siswa yang gaya kognitif FD guru harus merancang apa yang dilakukan dan bagaimana melakukannya. Mereka akan bekerja kalau ada tuntutan guru dan motivasi yang tinggi berupa pujia atau dorongan.
D. Kecenderungan Gaya Kogniti
1. Kecenderungan untuk mengamati dan berpikir secara analisis. Sesuatu yang dipelajari ditinjau dari beberapa sudut dan seoalah-olah dibagi atas beberapa bagian yang masing-masing diperdalam, untuk kemudian digabung lagi. Gaya seperti ini dilawankan dengan kecenderungan untuk mempelajari sesuatu secara global tanpa mengadakan pemotongan atau pembagian.
2. Perbedaan antara kedua kecendrugan ini sangat mirip dengan apa yang dikenal sebagai ketergantungan pada medan (field dependency) lawan ketidak-ketergantungan pada medan (field-independent). Dalam hal yang pertama orang cendrung memandang suatu pola sebagai keseluruhan dan kerap lebih berorientasi pada sesama manusia serta hubungan sosial. Oleh karena itu guru yang sungguh-sungguh mengenal kepribadian masing-masing siswa, harus mendampinginya dalam memanfaatkan kelebihannya serta mengatasi kelemahannya.
3. Ketahanan terhadap kecenderungan untuk meninggalkan arah atau cara yang telah diplih dalam mempelajari sesuatu. Sekali dipilih suatu cara yang dinilai tepat apakah cara itu mudah ditinggalkan untuk diganti dengan cara lain yang nampaknya lebih mudah, tetapi sebanarnya kurang tepat.
4. Luas sempitnya pembentukan pengertian (konseptualisasi) apakah seseorang cenderung untuk membentuk konsep-konsep yang luas atau yang lebih terbatas. Yang pertama mencakup banyak hal sekaligus yang kedua mencakup beberapa hal saja.
5. Kecenderungan untuk sangat memperhatikan perbedaan antara obyek-obyek atau kurang meperhatikannya. Hal ini terutama menyangkut pengamatan yang dalam belajar dapat memegang peranan penting.
6. Kecenderungan ini mungkin dipengaruhi oleh gaya kognitif yang mendasari yaitu bereaksi dengan sangat cepat, namun kurang tepat (impulsif) atau bereaksi dengan lebih lamban tetapi tepat( refleksif). Dengan meningkatknya umur anak pada umumnya menjadi lebih refleksif, namun anak yang sejak umur muda cendrung beraeaksi dengan cepat tidak akan berbalik menjadi orang yang angat bereakasi refleksif siswa yang cendrung untuk terlalu inplusif dalam berpersepsi dan mengerjakan tugas-tugas belajar, harus dibantu untuk bekerja dengan lebih lambat, misalnya dengan menganjurkan supaya membaca soal dalam tes secara teliti dan menjawabnya secara terencana.
7. Tipe belajar menunjuk pada kecenderungan seseorang untuk mempelajari sesuatu dengan cara yang lebih visual atau lebih auditif. Siswa yang tergolong tipe visual cendrung lebih mudah belajar bila materi pelajaran dapat dilihat atau dituangkan dalam bentuk gambar, bagan, diagram dan lain sebagainya. Namun tidak semua siswa akan jelas tergolong kedalam salah satu tipe; mungkin saja seorang siswa akan menyesuaikan tipe belajarnya dengan materi pelajaran yang dihadapi.
E. Perangkat Pengukur Gaya Kognitif
Diperlukan suatu instrument untuk mengukur dan menetapkan gaya kognitif sesorang, ada beberapa instrument yang telah dikembangkan oleh para pakar seperti GEFT(Group Embedded Figure Test), MFFT (Matching Familiar Figure Test), RFT ( Rod and Frame Test), dan perangkat tes Profil gaya kognitif yang dikembangkan oleh NASSP ( national association of Secondary school Pricipals). Ini berarti , Perangkat MFFT yang memebedakan gaya kognitif Reflectife atau impulsive, sedangkan perangkat GEFT yang membedakan gaya kognitif ke dalam Field Independent atau Field Dependent . contoh GEFT terdapat di lampiran.
F. Kajian Empirik.
Diperlukan sebuah pembuktian melalui penelitian untuk mengetahui perbedaan antara jenis-jenis gaya kognitif. Abdul Rahman di dalam Jurnal Pendidikan dan kebudayaan Melakukan penelitian “ Analisis Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Secara Psikologis dan Konseptual Tempo Pada Siswa Kela X SMA Negeri Makasar”. Dari hasil penbelitian yang dilakuka terdapat perbedaan yang signifikan antara belajar matematika siswa yang bergaya kognitif Field Independent dengan hasil belajar siswa yang bergaya kognitif field dependent. FI memiliki hasil yang lebih baik daripada FD. Selanjutanya hasil penelitian juga menyebutkan bahwa tidak dapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa bergaya impulsive dengan siswa yang bergaya belajar refleksif.
Sementara Tesis Rina Widjajati dalam tesis yang berjudul “ Pengaruh Pemebrian Analogi Secara Tertulis Dan Melalui Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Yang Bergaya Kognitif Berbeda Di Sdn Bareng 3 Kota Malang” menyimpulkan bahwa ada pengaruh Gaya kognitif terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas V SDN Bareng Kota Malang. Perbedaan yang signifikan antar siswa yang memiliki gaya Kognitif F.D .N dan FI terhadap hasil belajar IPA . Siswa dengan gaya kognitif FI lebih unggul hasil belajarnya daripada siswa dengan gaya kognitif FD. Peneliti disini di dalam menentukan siswa tersebut FI atau FD menggunakan GEFT(Group Embedded Figure Test), instrument terdap[at di lampiran.
BAB III
KESIMPULAN
Gaya Kognitif merupakan kecendrungan seseorang yang relative tetap dalam menerima, memfikirkan dan memecahkan masalah. Serta mengingat informasi. Terdapat dua klasifikasi gaya kognitif yakni gaya kognitif berdasarkan Psikologis yang kedua adalah berdasarkan konseptual tempo.
Berdasarkan Psikologis yakni Field Independent, dimana pribadi bersikap analitis dan tidak tergantung kepada lingkungannya. Sementara Field Dependent individu bersifat global lebih memfokuskan kepada lingkungan secara keseluruhan dan dia didominasi oleh loingkungan sekitarnya.
Secara konseptual Tempo dibedakan menjadi dua bagian yakni Refleksif memeiliki kecendrunga cepat di dalam merespons stimulus yang diberikan, namun kekurangan yang terjadi adalah akurasi dari respons tersebut kurang baik, karena cendrung menggunakan sebagian alternative pemecah masalah. Sementara mereka yang memiliki gaya kognitif impulsive memiliki kecendrunag lambat di dalam merespons stimulus namun respons yang diberikan lebih baik dari mkereka yang gay refleksif, hal ini dikarenakan mereka memanfaatkan berbagai alternative pemecahan masalah.
Instrumen yang dapat dipakai di dalam mengetahui gaya kognitif dapat berupa.. seperti GEFT(Group Embedded Figure Test), MFFT (Matching Familiar Figure Test), RFT ( Rod and Frame Test), dan perangkat tes Profil gaya kognitif yang dikembangkan oleh NASSP ( national association of Secondary school Pricipals).
instrumennya mana???bisa kirim ke email saya?artana_plus44@yahoo.com
ReplyDeletebisa kirim instrumenya ke thalia_lowcer@yahoo.co.id??
ReplyDeletetolong ya..
tq
minta tolong di kirimkan instrumennya ke mahdan.muliadi@gmail.com
ReplyDeletetrimakasih.....
tolong kirimkan instrumennya ke setenta_eseis@yahoo.com
ReplyDeletetrims
saya Rahmat mahasiswa angkatan 2008 UNM memohon dengan sangat. anda berbagi jika anda memiliki instrumen MFFT. aule_hesha@yahoo.com alamat email saya.
ReplyDeleteterima kasih.
terimakasih telah berbagi. boleh saya lihat contoh instrumennya? karena saya sedang membutuhkannya untuk penelitian saya. mohon kirim lewat email: novani.lieadi@gmail.com
ReplyDeleteTerima kasih :)
boleh minta contoh instrument GEFT, MFFT , RFT ,NASSP..mohon kirim lewat email : putrielisa1989@yahoo.com
ReplyDeleteterimakasih
bisa minta contoh instrument GEFT mohon kirim ke tantimeilinasari@gmail.com.
ReplyDeleteterimakasih
Bisa minta instrumentnya juga? Yang GEFT untuk penelitian saya. Saya sedang butuh banget. Kalau bisa kirim ke nyomankurniadewi@gmail.com.
ReplyDeleteTerima kasih banyak
bisa minta dikirim instrumen GEFT ke fitriya_nurulfajar@ymail.com
ReplyDeletebhs inggris/bhs indonesia? lg bth nich, mohon bantuany, trimakasih
bisa minta intstrumen GEFT dan MFFT nya ga?? saya sangat butuh buat penelitian saya, kalau bisa kirim ke ay_tah140209@yahoo.co.id. sebelumnya terima kasih banyak.
ReplyDeleteapakah bisa minta instrumennya,kalau bisa kirimkan ke email saya,hadne_08@yahoo.co.id
ReplyDeletesebelum dan sesudahnya terimakasih.
KAKAK, MOHON BANTUANNYA KAKAK SEMUA, BISA KIRIMI SAYA INSTRUMENT GAYA KOGNITIF BUAT ANAK SD,INI EMAIL SAYA,
ReplyDeletesusantoamat@gmail.com
tolong,tolong,tolong,,
terima kasih sebelumnya
Bisa minta intstrumen GEFT dan MFFT nya? sy sangat memerlukannya untuk penelitian yang akan saya lakukan, kalau bisa kirim ke hari_santhi@yahoo.com.Terima kasih sebelumnya :)
ReplyDeletebisa kirim instrumen geft nya ke ratnapk66@yahoo.com, atas perhatiannya terimakasih
ReplyDeletebisa minta instrumen geftnya ke aramintalely@gmail.com kak? trimakasih sebelumnya
ReplyDeletebisa minta instrumen GEFTnya.. tolong dikirim ke sintasenorita@gmail.com ya kak... trimakasih kak..
ReplyDeletesaya Ridha juga ingin melakukan melakukan tentang itu,,,mohon bantuannya kirim instrumen GEFT ke email saya...
ReplyDeleteridhamate_xx@yahoo.co.id
Syukron wa jazakallah...
saya juga sedang melakukan penelitian dengan tinjauan gaya kognitif, namun kesulitan dalam menemukan instrumen GEFT, kalau berkenan berbagi mohon di share di ayeputri@gmail.com. terima kasih
ReplyDeletebagi yang punya instrumen MFFT mohon di share ke larasshipugdarmawan@gmail.com... sya sangat butuh instrumenya trimakasih
ReplyDeleteKalau boleh minta tolong contoh instrumen MFFT nya di antoherianto89@gmail.com. Mkasih. Hormatq
ReplyDeleteBoleh minta tolong contoh instrumen gaya kognitif? ini alamat email saya : tefbanakehi@yahoo.co.id. Terima kasih. Kehi Tefbana
ReplyDeleteboleh minta tolong kirim GEFT ke email cuchan2003@yahoo.com
ReplyDeleteTerima kasih.
boleh minta tolong kirim GEFT ke email wongtani20012@yahoo.com
ReplyDeleteTerima kasih sesudah n sebelumnya
Bisa minta instrumen GEFTnya?? Tolong dikirim ke shinbi.ichan@yahoo.co.id yaa... mksihh
ReplyDeletebisa minta instrumen yang GEFT untuk penelitian saya, saya sedang butuh banget. Kalo bisa tolong kirim ke dwimeidiarti@yahoo.co.id
ReplyDeletesebelum dan sesudahnya terima kasih banyak
apakah saya bisa meminta instrumen GEFT untuk penelitian saya, saya sedang perlu sekali. terimakasih
ReplyDeletedevi_mimiko13@yahoo.com
Mohon bantuannya untuk bisa mengirim instrumen GEFT untuk penelitian saya, terima kasih sebelumnya. sudarmansilas@gmail.com
ReplyDeleteboleh minta instrumen GEFTnya? tolong kirimkan ke asyaanori@gmail.com
ReplyDeleteterima kasih
Bisa minta instrumen MFFT nya ? Soalnya lahi butuh dalam waktu dekat ini. Kirim ke email syahrinasyam06@gmail.com gerimah kasih
ReplyDeletebolehkah saya minta instrumen MFFT nya? saya sedang dalam proses penelitian dalam waktu dekat. tolong kirimkan ke email saya jazu061@gmail.com terima kasih
ReplyDeleteapakah saya bisa meminta instrumen GEFT untuk penelitian saya, saya sedang perlu sekali. terimakasih
ReplyDeletesantiparlina@gmail.com
mohon maaf, apakah saya boleh meminta dikirimi instrument GEFT, bila berkenan mengirim, kirim ke email saya
ReplyDeletekhoirul.89sc@gmail.com
terima kasih sebelumnya
mohon maaf ... apakah boleh saya minta dikirimin instrumen MFFTbila berkenan kirim ke finsaalfarishi@gmail.com
ReplyDeletemohon maaf, kalo boleh saya minta contoh dari instrumen tes CEFT dan GEFT. Kalau boleh saya tolong kirim ke email saya desitrialfiyana@gmail.com Terimakasih sebelumnya :)
ReplyDeletemaaf, boleh minta instrumen test GEFT dan MMFT?
ReplyDeletekalau boleh, bisa tolong kirimkan ke email saya anawa.hyun@yahoo.com
saya nahda cindy..
ReplyDeleteapa boleh saya minta contoh instrument MFFT??
kalau boleh, mohon kirim ke nahdacindy@gmail.com.
terimakasih
saya thrias mayang segara
ReplyDeletejika diperbolehkan, saya meminta instrumen tes MFFT untuk penelitian saya.
mohon kirim ke thrias.mayang@gmail.com
Assalamualaikum, mohon bantuan untuk instrumennya dong... Please... Agusnur244@gmail.com / agusnur244@live.com
ReplyDeleteAssalamu'alaikum, saya sedang membutuhkan instrumen untuk mengukur gaya kognitif. Jika Anda berkenan, saya minta bantuan agar saya bisa mendapatkan instrumen GEFT, MFFT, RFT , dan NASSP. Ini email saya himma2109@yahoo.com.
ReplyDeleteTerima kasih
assalamualaikum, mohon bantuannya untuk bisa mendapatkan instrumen GEFT. jika berkenann . ini email saya: marsela_sela404@yahoo.co.id
ReplyDeletewassalam.|
terima kasih
Assalamu'alaikum, saya sedang membutuhkan instrumen GEFT untuk penelitian saya. mohon bantuannya untuk bisa mendapatkan instrumen GEFT. jika berkenan mohon dikirim ke email saya: ela.azzahra1105@gmail.com
ReplyDeleteWassalam. Terima kasih
Assalamualaikum, mohon bantuannya kak, saya sedang membutuhkan instrumennya, jika berkenan mohon dikirim ke email saya : agustiyolandari13@gmail.com
ReplyDeleteTerima kasih banyak seblumnya :)
selamat malam kak, mohon bantuannya kak,. sya sedang membutuhkan instrumen GEFT kak, bolehkah saya minta instrumennya kak? saya lagi butuh banget kak buat penelitian saya,.
ReplyDeletetolong dikirim ke email ini ya kak, aulaulia57@gmail.com
selamat pagi, mohon bantuan nya kak, saya membutuhkan instrumen GEFT untuk tesis, tolong dikirim ke email ini yach wulan.sari947@gmail.com, terima kasih...
ReplyDeleteselamat siang, jika berkenan dan dibolehkan saya ingin melihat contoh instrumen GEFT untuk penelitian saya, mohon bantuannya titisantika212@gmail.com, terimakasih saya sangat membutuhkan instrumen tersebut
ReplyDeleteMohon dikirim instrumen MFFT nya soalnya saya lagi butuh buat penelitian tesis saya..kalau bisa kirim ke Daniala306@gmail.com
ReplyDeleteAssalamu'alaikum.. boleh mnta instumen GEFT nya? butuh bgt.. my email : irhamniputri@yahoo.co.id
ReplyDeleteAssalamu'alaikum.. boleh minta instumen GEFT nya?
ReplyDeletemy email : aflahunhusna@yahoo.com
assalamu'alaikum,, mohon maaf,, jika boleh saya ingin melihat contoh instrumennya.. untuk penelitian saya,, mohon bantuannya..
ReplyDeletekirim ke rizky.siwi93@gmail.com ..
terima kasih,,
wassalamu'alaikum,,
maaf boleh minta contoh instrumen nya gak...untuk penelitian sya. mohon bantuannya kirim ke renti_putri15@yahoo.com.
ReplyDeleteterimakasih...
maaf bisa minta contoh instrumenya GEFT untuk penelitian saya tidak? email saya nurshagarnis@gmail.com
ReplyDeletemaaf bisa minta contoh instrumenya GEFT untuk penelitian saya tidak? email saya nurshagarnis@gmail.com
ReplyDeleteassalamu'alaikum,,
ReplyDeletembak-mbak dan mas-mas.nya sudah dapat instrumen MFFTnya kah? saya juga sedang nyari instrumen itu untuk penelitian saya. kalau berkenan dan sudah dapat, bisakah minta bantuannya buat kirimkan ke email saya
meikacute@gmail.com
trimakasih banyak sbelumnya.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteAssalamualikum.
ReplyDeletemaaf apakah ada yang memilki instrumen tes GEFT.
jika berkenan bolehkah tolong kirimkan instrumen tersebut ke email saya di reginaprilla05@gmail.com saya mohon untuk ketersediaannya, karena saya sangat membutuhkannya untuk penelitian skripsi saya
Terima kasih banyak untuk bantuanya :D
saya minta tolong, apakah saya bisa membaca dan melihat bagaimana contoh instrumen GEFT milik anda. saya amat sangat membutuhkan sekali. mohon dikirim via email jika berkenan Lyzam04@yahoo.com
ReplyDeleteassalamualaikum pak,
ReplyDeletesayamahasiswa matematika univ. palangkaraya.
maaf pak, saya mau bertanya,
ketika bapak melakukan tes GEFT, apakah bapak lakukan sendiri, atau didampingi orang psikologi?
karena saya telah melakukan tes tersebut sendiri, tetapi dosen penguji saya menanyakan kewenangan orang selain psikolog melakukan tes ini, apakah setiap orang bisa melakukan tes ini sendiri?
terimakasih...
Slmt siang. trimakasih atas postingannya. Bolehkah saya meminta instrumen GEFT atau MFFT nya? saya butuh untuk membuat proposal penelitian. jika berkenan, boleh dikirim ke riorendi1794@gmail.com
ReplyDeletetrimakasih
postingannya sangat membantu. saya harap anda berkenan berbagi instrumen GEFT atau MFFT. jika berkenan bisa dikirim ke iqbalizy@gmail.com
ReplyDeleteterimakasih
postingannya sangat membantu. saya harap anda berkenan berbagi instrumen GEFT atau MFFT. jika berkenan bisa dikirim ke iqbalizy@gmail.com
ReplyDeleteterimakasih
Assalamualikum.
ReplyDeleteMaaf sebelumnya jika ada yang memiliko instrumen tes GEFT.jika diperbolehkah tolong minta instrumen GEFT.
Tolong di kirim di email saya ichanasikhah50@gmail.com saya mohon untuk bantuanya
Terima kasih banyak untuk bantuanya :D
Assalamualikum.
ReplyDeleteMaaf sebelumnya jika ada yang memiliko instrumen tes GEFT.jika diperbolehkah tolong minta instrumen GEFT.
Tolong di kirim di email saya ichanasikhah50@gmail.com saya mohon untuk bantuanya
Terima kasih banyak untuk bantuanya :D
assalamu'alaikum
ReplyDeletemohon maaf, kalau boleh saya minta tolong untuk bisa dapat instrumen MFFT.nya, karena saya sangat membutuhkannya untuk kpentingan pnelitian skripsi S1 saya.
trimakasih banyak sblumnya untuk bantuannya
bisa minta tolong di kirim ke email saya
meikacute@gmail.com
wassalam
ika
saya boleh minta semua perangkat tesnya? kirim ke atikanurs@gmail.com
ReplyDeleteMakasih... saya benar-benar minta tolong untuk dikirim..
mohon maaf boleh minta instrumen tes GEFT
ReplyDeleteini email saya :ulfa31nia@gmail.com
Assalamualaikum terimakasih atas ilmunya, boleh minta instrumen tes GEFT buat proposal penelitian saya
ReplyDeletejika berkenan bisa dikirim lewat email saya (metana02@gmil.com)
Saya juga perlu instrumen penelitian tes GEFT jika berkenan kirimkan ke email : abdanmatin@gmail.com ...Terima Kasih
ReplyDeleteSaya membutuhkan instrumen tes GEFT. Siapapun yang punya, jika berkenan mohon dikirimkan ke alamat e-mail saya linaegyon@gmail.com terima kasih
ReplyDeleteApakah kami dapat dikirimkn instrument gaya kognitif GEFT? Berikut alamat email kami nurnia_68@yahoo.com
ReplyDeleteTerima kasih banyak.
mohon maaf, apakah instrumennya bisa dibagi??/ saya Pawit mahasiswa unnes sedang mengerjakan skripsi. boleh minta tolong untuk mengirimkan ke email saya.. pawitngafani167@gmail.com
ReplyDeleteMohon bantuannya untuk mengirimkan instrumen GEFT ke email sy.
ReplyDeleteSy sangat membutuhkannya untuk penelitian.
setia_phe@yahoo.co.id
Terimakasih sebelumnya
Mohon bantuannya
ReplyDeleteSaya mencari instrumen tes MFFT gk ketemu, mungkin yang sudah dapat berkenan mengirimkan kepada saya ysyaibani@gmail.com
Terima kasih
Slmt mlm kak mohon bantuannya untuk mengirimkan instrumen geft ke email sy, sy membutuhkan insteumen tersebut untk penelitian sy,
ReplyDeleteIsdelneparasi070818@gmail.com
assalamualaikum. bagaimana saya bisa mendapatkan intrument GEFT ?? mohon konfirmasinya
ReplyDeleteselamat siang
ReplyDeletesaya ayunin bagi yang punya instrumen GEFT tolong kirim ke email saya
ayuninnatifah@gmail.com
sebelumnya terima kasih banyak
Assalamualaikum, bisa minta instrumen GEFT nya , emailku : maskur78mdas@gmail.com
ReplyDeleteAssalamualaikum, bisa minta instrumen MFFT nya untuk instrument tesis saya? ini email saya rahmipuspitaarum@yahoo.com
ReplyDeleteAssalamualaikum. saya dwiokta mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. boleh saya minta instrumennya untuk dikirm ke dwiokta.2009@gmail.com
ReplyDeleteterimakasih banyak atas kemurahan hatinya :)
Mbak sudah ada yang mengirim instrumen apa belum ya.. . Saya sangat membutuhkannya. Untuk penelitian skripsi saya. Saya latifatun dari Tulungagung
DeleteMbak sudah ada yang mengirim instrumen apa belum ya.. . Saya sangat membutuhkannya. Untuk penelitian skripsi saya. Saya latifatun dari Tulungagung
DeleteAssalamualaikum saya latifatun dari Tulungagung.. mohon bantuannya untuk instrumen MFFT . Karena saya membutuhkannya untuk penelitian skripsi.
ReplyDeleteBisa di kirim di
cantikgadis60@gmail.com
Terimakasih.
assalamualaikum saya cicilia dari Malang, mohon bantuannya untuk instrumen geft, karena saya membutuhkan untuk penelitian saya, mohon dikirim ke ciciliatrian@gmail.com. terimakasih atas bantuannya.
ReplyDeleteAssalamualaikum, mohon maaf saya mahasiswa semester akhir dari universitas muhammadiyah sidoarjo yang sedang melakukan penelitian yang berhubungan dengan gaya kognitif siswa, bolehkan saya meminta contoh tes MFFT tolong dikirim di email ainiq940@gmail.com terimakasih
ReplyDeleteAssalamu'alaikum
ReplyDeleteMohon maaf saya mahasiswa semester akhir UNNES yang sedang melakukan penelitian yg berkaitan dengan gaya kognitif reflektif impulsif siswa
Mohon bantuannya untuk mengirim instrumen MFFT ke email saya shintapujha@gmail.com
Terimakasih