Pusat Sumber Belajar (PSB)
translate of (The School Library Media Program)
Pusat sumber belajar meliputi semua sumber daya dan aktivitas yang mana staf pusat sumber belajar menerjemahkan misi menjadi kenyataan. Berbagai model ada untuk program sukses. Aktivitas dan sumber daya termasuk dalam program pusat sumber belajar yang ditentukan oleh tujuan bidang pendidikan dan tujuan sekolah.
Sekolah, seperti individu, memiliki sifat unik, karena keadaan sejarah, geografi, demografis siswa, pengajaran dan gaya kepemimpinan, dan sejumlah faktor lain. Walau semua sekolah harus mempertahankan pelayanan dasar, kurikulum lokal dan regional yang tercermin dalam penekanan program. Prioritas khusus dapat berubah dari waktu ke waktu dalam sebuah sekolah tunggal, dan mereka mungkin berbeda antara sekolah, antara daerah, dan di antara sistem negara. Dalam satu sekolah, pusat sumber belajar mungkin paling kuat dibidang bimbingan membaca dan apresiasi sastra. Di sisi lain, sumber daya dan fasilitas dapat memusatkan pada kemampuan komunikasi dan produksi media. Salah Satu koleksi saya mengkhususkan diri dalam seni pertunjukan, sementara lain dapat mendukung pinjaman mainan (peralatan) atau proyek software evaluasi pendidikan. Potensi untuk mengembangakan sumber daya dan jasa terbatas.
Semua program pusat sumber belajar yang fektif, apapun kekuatan individual mereka, berbagi tujuan umum dan prinsip-prinsip dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Tujuan-tujuan dan prinsip-prinsip menyediakan spesialis pusat sumber belajar dengan bimbingan dalam pengimplementasian program.
A. Kontribusi Pusat Sumber Belajar untuk Proses Pendidikan
pusat sumber belajar sepenuhnya diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah adalah pusat proses pembelajaran. Ini adalah elemen penting dalam perkembangan intelektual siswa, mempromosikan langkah pembelajaran dan menyampaikan pentingnya menggunakan dan mengevaluasi informasi dan ide-ide sepanjang hidup.
Mengembangkan kemampuan berpikir jernih, kritis, dan kreatif tergantung pada aliran informasi-baik dari langsung, persepsi langsung dan dari persepsi disaring dan dikomunikasikan melalui media, yang menggunakan bahasa dari suara, gambar, mencetak, dan gerakan. Pusat sumber belajar menyediakan program yang berlimpah, sumber belajar yang tepat dalam berbagai format. Kemampuan berpikir kritis juga dipupuk ketika siswa diberikan kesempatan untuk belajar bagaimana untuk menempatkan, menganalisis, mengevaluasi, menafsirkan, dan mengkomunikasikan informasi dan ide. Spesialis pusat sumber belajar sering menawarkan, kegiatan yang direncanakan untuk melatih siswa dan memungkinkan praktek dalam penggunaan sumber belajar dalam berbagai format.
Di PSB sekolah, guru dan siswa belajar untuk menggunakan teknologi informasi baru sebagai alat pengajaran dan pembelajaran. Fungsi spesialis PSB sebagai "perantara" sebuah informasi, membantu siswa, guru, dan orangtua belajar bagaimana mengatasi ledakan (perkembangan yang pesat) informasi dan bagaimana memanfaatkan kemungkinan informasi dunia yang luar biasa kaya.
Sebuah PSB yang komprehensif menawarkan siswa dan guru berbagai alternatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan alternatif bahan yang tepat, proses, dan tempat, dapat disesuaikan dengan gaya belajar individu dan kemampuan.
Program ini memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan individu siswa dan pembangunan. Konsep diri dan harga diri yang meningkat ketika siswa, bekerja secara mandiri atau dalam kelompok kecil, menggunakan sumber daya informasi dan teknologi telah berhasil untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sumber daya ini memberikan fleksibilitas yang diperlukan untuk membantu meningkatkan kreativitas dan membantu siswa menemukan dan mengatasi tantangan. Selain itu, sumber daya yang tersedia memberikan kontribusi terhadap siswa pembangunan seni dan budaya.
Dengan berbagai bahan ajar, laboratorium menjadi pusat informasi, memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi dan menggunakan informasi. PSB menyediakan sebuah "pasar ide" yang benar, di mana pengguna menemukan tantangan intelektual ketika mereka mengevaluasi dan mencerna ide-ide. Melalui program ini, siswa menjadi akrab dengan lingkungan dan jasa seorang agen informasi modern, menyiapkan mereka untuk menggunakan perpustakaan dan agen-agen informasi lainnya sepanjang hidup mereka.
Setiap PSB terdiri dari dua komponen utama, terdiri dari kegiatan yang direncanakan dan layanan yang membantu siswa dan staf dalam berinteraksi dengan sumber daya untuk memfasilitasi belajar dan mengajar. Yang lain mencakup informasi, tenaga, peralatan, dan ruang, sumber daya yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan dan pelayanan.
1. Kegiatan dan layanan pendukung pengajaran dan pembelajaran
Dalam PSB, siswa dan guru terlibat dalam banyak kegiatan belajar yang berbeda. Istilah pusat sumber belajar sekolah memunculkan gambar dari: siswa sangat gemar membaca-di meja atau tergeletak nyaman di "reading corner"(ruangan); siswa menggunakan berbagai sumber informasi, baik buku atau layanan informasi terkomputerisasi, lingkaran anak-anak muda menikmati membaca cerita dramatis, atau sekelompok mahasiswa bekerja sama dengan spesialis media perpustakaan dalam memproduksi sebuah presentasi video.
Sebuah gambaran lengkap dari sebuah Pusat sumber belajar adalah satu di mana semua kegiatan-dan lebih-terjadi. Pusat sumber belajar meliputi berbagi ide dan cerita melalui bercerita, slide dan produksi video, dan presentasi dramatis. Semua usia siswa menggunakaan peralatan modern dan kamera video sederhana untuk membuat gambar visual untuk menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Siswa mengajari siswa yang lain dan berunding dengan guru atau spesialis media perpustakaan saat mereka bekerja di tengah proyek pembelajaran tersebut. Guru, spesialis media perpustakaan sekolah, dan siswa mendorong satu sama lain untuk mengeksplorasi bahan-bahan baru dan mencoba berbagai sumber informasi.
Para anggota staf PSB memberikan instruksi dalam menggunakan bahan dan peralatan melalui presentasi formal yang memperkenalkan bahan baru atau mengajarkan keahlian akses khusus seperti pencarian elektronik. Instruksi formal kurang terjadi saat siswa meminta bantuan dari spesialis PSB atau menawarkan bantuan ketika membutuhkan bantuan yang diamati. Pada komputer pribadi, siswa menggunakan program tutorial serta pengolahan kata dan perangkat lunak grafis.
Spesialis pusat sumber belajar mengadakan rapat perencanaan tetap dengan guru individual dan tim pengajar. Bekerja bersama-sama, mereka merancang unit instruksional dan mengidentifikasi potensi sumberdaya untuk pembelian. perencanaan kurikulum, desain kegiatan pembelajaran, dan pengembangan bahan ajar yang diproduksi secara lokal terjadi secara berkelanjutan.
Spesialis PSB terus menerus terlibat dalam berbagai "perantara" kegiatan untuk memastikan bahwa pengguna dapat memperoleh akses intelektual serta akses fisik ke informasi yang mereka butuhkan. Sebagai penghubung utama antara pengguna dan informasi, spesialis PSB menyediakan berbagai jenis dan tingkat bantuan.
Semua kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran individu dan kelompok. Mereka memberikan motivasi, praktek, dan peluang yang diperlukan untuk mendorong penelitian bebas dan belajar secara mandiri. Dan mungkin yang paling penting dari semua, mereka dilaksanakan dalam suasana yang mendorong pengguna untuk merasa senang tentang informasi dan ide-ide dan kompeten dalam penggunaannya.
2. Sumber daya dan Ruang yang Dibutuhkan untuk Mendukung Belajar dan Mengajar
pembelajaran dan pengajaran yang efektif mendiktekan bahwa sumber daya informasi dan ruang khusus harus cukup dan tersedia. Pusat sumber belajar memerlukan ruang yang dirancang untuk menampung kegiatan belajar, untuk bahan dan tampilan, dan untuk menyediakan distribusi dan penyampaian informasi dan sumber belajar untuk semua bagian dari gedung sekolah. Spesialis PSB bekerjaan baik untuk memastikan bahwa sumber belajar dapat digunakan di seluruh gedung dan untuk menciptakan ruang yang mendorong penggunaannya.
Pusat Pusat sumber belajar sendiri menarik siswa dan diatur sehingga banyak kegiatan yang dapat terjadi secara simultan. Di pusat sumber belajar, beberapa siswa mencari tempat yang tenang untuk belajar sendiri. Yang lain lebih memilih untuk bekerja sama, menggunakan ruang rapat untuk diskusi kelompok kecil atau praktek untuk debat. Pusat sumber belajar memiliki ruang mengajar yang berdekatan sehingga instruksi formal dapat diberikan kepada siswa di lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran yang efektif. Guru memanfaatkan area yang disetting untuk mereka belajar, untuk mempersiapkan dan mereproduksi materi pengajaran, atau untuk mengadakan pertemuan atau konferensi. area produksi Media memungkinkan siswa dan guru untuk mengembangkan film, membuat kaset audio, membuat produksi video, dan melihat video atau film.
Siswa memiliki akses yang mudah ke semua media. Sebuah area yang terbuka sekitar bookstacks, bahan-bahan audiovisual, majalah saat ini, menampilkan paperback, dan counter referensi membuat area ini memungkinkan dikunjungi bagi siswa yang secara fisik memiliki gangguan untuk mencari bahan. Menampilkan dan bahan promosi mendorong siswa untuk mengeksplorasi sumber-sumber informasi baru dan menemukan bahan untuk membaca kurikuler dan rekreasi, melihat, dan mendengarkan.
Pengguna memiliki akses ke berbagai macam dan berbagai sumber informasi di pusat sumber belajar, seluruh sekolah, dan seterusnya. jaringan komputer menyediakan akses ke sumber daya informasi nasional dan bahkan di seluruh dunia. Koleksi pusat sumber belajar berisi koleksi umum dan khusus dari banyak cetakan yang digunakan dan sumber daya non cetak. Selain menekankan bahan yang khusus berkaitan dengan berbagai mata pelajaran sekolah, sebuah koleksi rumahan juga merupakan bahan yang memberikan kesempatan untuk mengejar kepentingan individu.
Informasi tersedia melalui banyak format, termasuk buku dan majalah, microforms, perangkat lunak komputer, film, dan video, database CD-ROM, dan lainnya. Akses ke informasi ini diberikan melalui indeks cetak dan komputerisasi, katalog, dan program bantuan pencarian. Alat bantu penyelidikan, dalam hubungannya dengan bantuan pribadi dari spesialis PSB, menyediakan akses intelektual yang nyaman dan efektif untuk dunia sumber informasi. Pedoman khusus untuk sumber daya dan peralatan yang dibutuhkan untuk pusat sumber belajar yang efektif yang menjelaskan dalam bab 5; mereka untuk kebutuhan fisik dan spasial pusat media perpustakaan sekolah termasuk dalam bab 6.
C. Kemitraan untuk kesuksesan pusat sumber belajar
Keefektifan pusat sumber belajar tergantung pada kolaborasi dari semua pihak yang bertanggung jawab untuk pembelajaran siswa. Koordinasi dari pengembangan kurikulum dan implementasi dengan sumber daya atau pusat sumber belajar dan penerapan prinsip-prinsip akses informasi pada onsep kurikulum memberikan dasar untuk program-progam yang efektif. Akibatnya, semua anggota komunitas pendidikan, termasuk guru, kepala sekolah, siswa dan spesialis media perpustakaan, menjadi mitra dalam tujuan bersama yang menyediakan pengalaman belajar untuk kesuksesan semua siswa.
1. Kepala Sekolah
Kepala sekolah bekerja dibawah pengawasan kabupaten, merupakan pemimpin utama pembelajaran di sekolah. Ia harus mengetahui pembelajaran yang berbasis sumberdaya dan pentingnya pusat sumber belajar. Kepala sekolah bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan harapan untuk pusat sumber belajar kepada seluruh staf dan untuk memastikan bahwa spesialis media perpustakaan sekolah befungsi sebagai anggota tim mengajar. Bekerja sama dengan guru dan spesialis media perpustakaan sekolah untuk menetapkan tujuan yang jelas dan memberikan metode evalusi kemajuan, kepala sekolah dapat memfasilitasi integrasi penuh dari pusat sumber belajar ke dalam kurikulum.
Sebagai pemimpin administrasi pembangunan, kepala sekolah memastikan bahwa pusat sumber belajar memiliki sumber daya yang memadai untuk melaksanakan misi dan memberikan bantuan administrasi yang diperlukan untuk memungkinkan spesialis PSB untuk melayani dalam peran yang profesional. Kepala sekolah juga mendukung peran bahwa dengan struktur penggunaan PSB fleksibel dan memungkinkan waktu untuk perencanaan dan kerja kurikulum. Selain itu, kepala sekolah mendukung kegiatan intern bahwa guru membantu memahami penggunaan sumber informasi yang bervariasi dan bagaimana teknologi baru berkontribusi untuk meningkatkan pembelajaran. Kepala sekolah mendorong pengembangan hubungan dengan lembaga masyarakat lainnya sehingga guru menggunakan sumber daya dan materi dalam masyarakat, maupun yang dari pusat media perpustakaan sekolah, dalam penataan kegiatan belajar bagi siswa mereka.
2. Guru
Dalam program pembelajaran berbasis sumber daya, guru mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa dan mengembangkan unit belajar untuk mereka. Pengembangan ini mencakup pemilihan berbagai strategi pengajaran, penggunaan bahan-bahan sumber daya yang tepat, dan evaluasi prestasi siswa. Guru kelas bekerja dengan spesialis PSB, yang juga seorang guru, untuk memastikan penggunaan yang efektif dari semua format yang sesuai bahan ajar dalam pengalaman belajar siswa. Selain itu, guru kelas bekerja kooperatif dengan staf perpustakaan media untuk mendorong dan membantu siswa dalam produksi media. Bagian dari peran guru dalam menggunakan informasi dan sumber daya instruksional sebagai dasar untuk belajar mencakup pengembangan kooperatif dan pengajaran keterampilan informasi kurikulum. Guru kelas dan spesialis media perpustakaan bekerja sama dalam mengembangkan keterampilan untuk pembelajaran, termasuk penghargaan dan menikmati semua jenis media komunikasi.
3. Siswa
adalah mitra dalam proses belajar-tidak kurang dari kepala sekolah, guru, dan spesialis media perpustkaan dan dengan demikian, siswa harus memiliki kesempatan untuk berpartisipasi secara teratur dalam perencanaan untuk kegiatan pusat sumber belajar. Siswa dapat melayani di dewan penasihat dan membantu dalam perencanaan, evaluasi, dan media promosi layanan PSB. Bila mungkin, siswa harus memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pemilihan dan evaluasi bahan, dalam pengembangan kebijakan untuk penggunaan pusat PSB sekolah dan bahan, dan dalam penciptaan kegiatan baru yang akan melayani kebutuhan belajar.
E. Perpustakaan Media spesialis
Sebagai mitra dalam proses pembelajaran, spesialis pusat sumber belajar menyediakan hubungan manusia yang dibutuhkan antara program pengembangan media perpustakaan media dan pengguna yang dilayani oleh program dengan baik. Dengan demikian, mereka menerjemahkan tujuan yang disajikan dalam laporan misi ke dalam kehidupan, pengalaman belajar yang inspiratif. Spesialis PSB membawa ke komunitas ahli pengetahuan sekolah tentang dunia informasi dan ide-ide dalam segala bentuknya. Ketiga peran spesialis media perpustakaan-spesialis informasi, guru, dan konsultan-instruksional dijelaskan secara rinci dalam Bab 3.